Menu Click to open Menus
Home » Bisnis Import » Cara Menghitung Biaya Impor Barang dari China

Cara Menghitung Biaya Impor Barang dari China

(2409 Views) June 4, 2018 3:24 pm | Published by | No comment

biaya impor barang dari chinaSeorang pebisnis harus paham dengan biaya yang akan dikeluarkan dalam mendatangkan barang sampai alamat tujuan, sama halnya dengan dunia impor anda harus bisa menghitung biaya impor barang dari china berapa yang harus dikeluarkan.

Apalagi anda bermain diskala besar jadi harus diperhitungkan semua dari awal, berapa dana yang harus dikeluarkan hanya untuk biaya pengiriman barang dari china ke indonesia.

Baca Juga : Cara Belanja di 1688.com

Jangan sampai anda terkejut jika tidak menghitungnya lebih dulu begitu melihat invoice penagihan ketika barang akan dikirim kealamat anda, belum lagi biaya pajak yang harus dikeluarkan.

Untuk masalah pajak barang impor akan kami bahas diartikel tersendiri, disini kami hanya fokus membahas biaya pengiriman dari china ke Indonesia baik melalui jalur darat maupun laut.

Jadi sebelum barang yang anda impor benar-benar dibeli dan akan dikirim ke Indonesia, anda sudah bisa menghitungnya lebih dulu diawal.

Menghitung Biaya Impor Barang dari China

Lalu bagaimana cara menghitung biaya impor barang dari china sebelum barang kita bayar dan dikirim ke Indonesia, ada 2 jalur pengiriman yang dilakukan oleh pihak forwarder dalam mendatangkan barang :

  1. Jalur Laut
  2. Jalur Udara

Baiklah kami akan membahas perhitungan barang impor melalui jalur laut lebih dulu:

  • Jalur Impor Melalui Laut

Contoh :

Anda membeli barang A dengan jumlah 500 pcs, kemudian dipackaging menggunakan cartoon sebanyak 1 buah dengan ukuran 60 x 60 x 50 (cm) yang akan dikirim melalu jalur laut, maka berapa CBM kah barang anda impor tersebut ?

Jawab :

Rumus menghitung volume barang :

= (P x L x T) : 1.000.000

= (60 x 60 x 50) : 1.000.000

= 180.000 : 1.000.000

= 0,18 CBM

Kemudian jumlah Volume diatas anda kalikan dengan harga jasa dari forwarder yang digunakan (harga jasa ekspedisi berbeda setiap forwarder)

Misal :

Anda menggunakan jasa forwarder A dan mengimpor barang A dikenai biaya jasa ekspedisi 3.000.000 / CBM

Biaya Jasa Impor yang anda keluarkan dari China ke Indonesia :

= 0,18 CBM x 3.000.000

= Rp. 540.000

Info : Jalur laut waktu normal barang sampai indonesia 1 bulan

  • Jalur Impor Melalui Udara

Contoh :

Anda membeli barang B dengan jumlah 500 pcs, kemudian dipackaging menggunakan cartoon dengan berat total 20 Kg dan akan dikirim melalu jalur udara, maka berapa rupiahkah biaya pengiriman yang anda keluarkan sampai barang tiba di Indonesia ?

Misal :

Anda menggunakan jasa forwarder B dan berat total barang yang akan diimpor 20 Kg dengan biaya jasa ekspedisi dikenakan Rp. 100.000 / Kg

Biaya Jasa Impor yang anda keluarkan dari China ke Indonesia :

= 20 Kg x Rp. 100.000

= Rp. 2.000.000

Info : Jalur udara waktu normal barang sampai indonesia 2 minggu

Tarif Impor Produk dari China Murah

Sebaiknya menggunakan jalur impor yang mana agar tarif impor produk dari china murah dan aman sampai ke Indonesia.

Semuanya tergantung kebutuhan dan budget yang anda miliki

Apakah anda melakukan impor ini untuk kepentingan pribadi atau bisnis? Jika untuk kepentingan pribadi dan kebutuhannya mendesak sebaiknya menggunakan jalur udara karena bisa dipastikan barang cepat sampai

Baca Juga : 5 Cara Pemasaran Produk Impor

Namun jika anda melakukan impor tersebut untuk kepentingan bisnis apalagi dalam jumlah besar hingga ratusan bahkan ribuan pcs, sebaiknya gunakan jalur laut untuk menghemat biaya pengiriman.

Sehingga anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar dibandingkan harus menggunakan jalur udara.

Demikanlah penjelasan dari kami mengenai tarif pengiriman barang dari China ke Indonesia, ada 2 contoh perhitungan jalur laut dan udara.

Semoga bisa dipahami dan tercerahkan, jika anda masih belum paham mengenai biaya impor barang dari china dan ingin menguasai tentang dunia impor secara menyeluruh bisa belajar Cara Import Barang dari China – langsung dari pabriknya.