Menu Click to open Menus
Home » Teknik SEO » Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Cara Belajar SEO Untuk Pemula

(81 Views) November 12, 2018 7:59 am | Published by | No comment

Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Cara belajar SEO untuk pemula sudah pasti berbeda dengan para blogger yang sudah bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia web / blog. Istilah SEO semakin sering terdengar dengan semakin bertambahnya pengguna internet.

Khususnya bagi pemilik dan pengelola website yang saling berlomba untuk meningkatkan SEO agar dapat terpajang di halaman pertama mesin pencari. 

Konsep ini pasti masih asing di telinga awam, namun jangan khawatir karena sudah banyak cara belajar SEO untuk pemula.

 

Apa Itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah program dan strategi yang ditempuh untuk menjadikan sebuah website terpajang di halaman utama hasil pencarian.

Baca Juga: 5 Cara Ranking 1 di Google

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi posisi website dalam hasil pencarian dari mesin pencari. Tugas Search Engine Optimization (SEO) adalah menganalisa faktor-faktor tersebut sebagai sebuah sistem monitoring terhadap kinerja website.

 

Mengapa SEO itu Penting?

Bagi para pemula, pertanyaan seperti ini pasti sering terlintas. Ada apa dengan SEO? Apakah SEO sepenting itu? Jawaban dari pertanyaannya adalah YA, SEO itu penting. Karena menurut data penelitian, diperkirakan ada lebih dari 2 juta publikasi di WordPress.

Angka itu masih menurut WordPress, belum domain dan/atau blog yang lain. Bayangkan saja, 2 juta publikasi sama halnya dengan lebih kurang 23 postingan dipublikasikan setiap detiknya di WordPress, belum yang lain.

Baca Juga: Cara Riset Keyword dengan Google Planner

Maka apalah arti sebuah postingan dibandingkan 23 lainnya dalam setiap detik dan 2 juta lainnya dalam setiap harinya.

Di sinilah peranan Search Engine Optimization (SEO) muncul, ‘menyelamatkan’ website agar apa yang telah diposting tidak tenggelam dalam pusaran jutaan postingan publikasi (per hari). Tidak sedikit pemula yang langsung merasa pesimis.

Bisa apa jika sudah banyak pakar SEO di luaran sana yang telah ditempa pengalaman saling berebut posisi di halaman pertama mesin pencari. Lantas bagaimana cara optimasi SEO untuk pemula?

 

5 Cara Belajar SEO Untuk Pemula Dengan Mudah

Bagi para pengelola website, dipajang di halaman terdepan dalam hasil pencarian adalah sebuah keharusan mutlak. Karenanya setiap website berlomba untuk meningkatkan SEO demi menaikkan ranking yang akan berdampak pada posisi dari hasil mesin pencari.

Banyak yang sudah pesimis di awal khususnya para pemula yang masih belum terlalu paham mengenai SEO, padahal sebenarnya cara itu terbilang mudah. Inilah beberapa cara yang bisa diikuti :

1. Belajar Riset Kata Kunci

Kata kunci (keyword) merupakan yang paling penting dalam dunia SEO, sehingga langkah pertama cara belajar SEO untuk pemula adalah mengenai kata kunci. Karena pemilihan kata kunci dapat meningkatkan ranking website atau justru memperburuk.

Ada banyak program yang menawarkan fitur riset kata kunci, namun disarankan jangan sepenuhnya percaya mentah-mentah. Itu adalah sebuah alat yang dapat membantu, akan tetapi masih tetap harus melihat kesesuaiannya dengan konten website.

2. Konsisten Update Artikel

Cara selanjutnya adalah konsisten update artikel alias rajin update. Mengapa? Secara mudahnya, dapat dijelaskan bahwa dengan konsisten memposting update akan menarik pengunjung setia dan secara langsung akan meningkatkan traffic website.

Sedangkan menurut para pakar, konsisten update memberikan jaminan akan ketersediaan serta toleransi terhadap kesalahan. Artinya dengan adanya konsistensi dalam update artikel menjamin akan adanya pembaruan informasi.

Selain itu, mesin pencari juga menilai keaktifan dari sebuah website dengan melihat pada konsistensi dalam update artikel.

3. Buat Konten Yang Unik

Konten adalah hal penting selanjutnya yang perlu diketahui dalam mempelajari SEO. Konten bagaikan pedang bermata dua, dapat mendukung peningkatan ranking website atau malah dapat menyebabkan pinalti dari Google yang konon mustahil untuk diperbaiki.

Oleh karena itu membuat konten yang unik juga merupakan salah satu metode mempelajari SEO untuk pemula. Terus memperbarui konten dapat mempertahankan pengunjung lama menjadi reguler dan menarik pengunjung baru datang.

Namun tak hanya sekedar memperbarui saja, tapi harus konten yang unik. Ini karena, mesin pencari tidak pernah mau menampilkan konten yang memiliki kesamaan. Yang akan ditampilkan adalah website yang pertama kali menampilkannya.

4. Daftarkan Website Di Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah layanan gratis dari Google untuk menilai kinerja sebuah website. Kinerja website bisa dianalisis dari tolak ukur Google, sehingga jika ada masalah dapat segera diselesaikan. Bagi para pakar SEO, GWT wajib dimiliki untuk melihat performa website.

5. Dapatkan Backlink

Cara yang terakhir adalah mendapatkan backlink atau pranara balik. Backlink adalah link balik yang diterima oleh sebuah website dari website lain, dan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ranking serta traffic.

Dikatakan juga bahwa backlink adalah salah satu indikator dalam melihat kualitas dari sebuah website.

Perlu diingat, jika mengandalkan backlink untuk meningkatkan traffic harus berhati-hati. Karena salah mendapatkan backlink dapat berdampak buruk bagi website. Oleh karenanya, perlu untuk selalu untuk mengecek dan memonitor backlink baik yang lama maupun yang baru.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page

Itulah tadi beberapa teknik belajar SEO untuk pendatang baru. Dengan sedikit kreativitas dan ketekunan maka kepuasan mesin pencari peningkatan rangking website pasti terjamin. Pemula pun pada akhirnya akan menjadi seorang ahli.

Berharap 5 cara belajar SEO untuk pemula diatas dapat dipahami dan diterapkan dalam websitenya secara konsisten. Oleh karenanya jangan pernah menyerah dan terus terapkan 5 teknik diatas sampai website muncul di halaman pencarian pertama.