Menu Click to open Menus
Home » Bisnis Online » Cara Jualan Laris di Facebook

Cara Jualan Laris di Facebook

(372 Views) June 12, 2018 1:54 am | Published by | No comment

Cara jualan laris di facebook

Cara Jualan Laris di Facebook merupakan salah satu strategi marketing dalam bisnis online untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan media sosial facebook. 

Dari sekian banyak media sosial, facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak diseluruh dunia maupun di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2017 & 2018 Indonesia merupakan pengguna No. 4 terbanyak didunia dengan urutan sebagai berikut :

  1. India Penguna 250 juta
  2. Amerika Serikat Pengguna 240 juta
  3. Brazil Pengguna 139 juta
  4. Indonesia Pengguna 130 juta

Bayangkan saja begitu besar pengguna facebook di Indonesia itu artinya peluang pasarnya sangat besar jika anda berjulan disana.

Baca Juga : Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku

Jadi tidak bisa anda pungkiri berdasarkan data anda harus menggunakan facebook supaya laris jualannya. Lalu bagaimana caranya? caranya ada yang berbayar dan gratisan

 

Cara Jualan Laris di Facebook Versi Gratisan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar jualan anda laris, salah satunya dengan menggunakan facebook gratisan. Bagaimana cara jualan laris di facebook, simak penjelasannya dibawah ini :

  • Buat Akun Facebook 

Anda wajib membuat akun facebook sebanyak mungkin, semakin banyak semakin bagus sehingga bisa menjangkau pasar seluas mungkin.

  • Nama Akun Facebook

Nama akun facebook sesuaikan dengan nama produk atau jasa anda jual dengan tujuan ketika calon customer mengetikkan kata kunci dikolom pencarian, facebook anda muncul.

  • Header & Photo Profil

Gunakan header gambar dan tulisan yang mendeskripsikan produk anda serta sebisa mungkin photo profil gunakan foto pribadi sehingga tercipta trust.

  • Add Pertemanan Tertarget

Lakukan add pertemanan sebanyak mungkin hingga maksimal 5000 orang untuk satu akun, jika anda punya 5 akun berarti minimal ada 25.000 calon customer tertarget.

Cara add pertemanan tertarget bagaimana? mudah sekali, misal mau jualan jilbab anda cukup cari fanspage tokoh agama seperti: mama dedeh, ustad mansyur, ustad abdul somad dan lainnya.

Kemudian anda buka saja fanspagenya dan seleksi orang-orang yang melakukan like pada setiap statusnya lalu add pertemanan.

  • Buat Album Produk

Buatkan album produk beserta deskripsinya sedetail mungkin untuk memudahkan para calon customer bernavigasi melihat seluruh produk anda tanpa harus scrool kebawah.

  • Posting Produk

Posting produk wajib dilakukan tiap hari minimal 1 hari satu kali, tapi kalau bisa dan punya waktu sebaiknya dilakukan sebanyak 3x dalam sehari dijam-jam santai dan kebanyakan orang berselancar didunia maya.

Tujuan posting setiap hari selain promosi juga menginformasikan bahwa akun jualan yang anda kelola masih aktif.

  • Join Group Fb

Agar market lebih luas lagi anda wajib join dibanyak group jual beli yang sesuai dengan produk anda, disana anda bisa jualan.

  • Buat Group Fb

Sebagai jangka menengah dan jangka panjang anda harus punya kolam ikan sendiri dengan cara membuat group Facebook sendiri.

Ketika membernya sudah banyak ribuan bahkan puluh ribuan anda tinggal promosi di group tersebut tanpa ada kompetitor lain.

 

Teknik Jualan Laris di Facebook Versi Berbayar

Selain versi gratisan anda bisa juga gunakan versi berbayar untuk menjangkau market lebih luas lagi bahkan keseluruh indonesia.

Kelebihan versi berbayar selain jangkauannya lebih luas, tergetingnya bisa sangat spesifik seperti jenis kelamin, umur, demografi, behavior dan lain sebaginya. Versi berbayar namanya Facebook Ads, cara membuatnya bisa disimak dibawah ini :

  • Buat Fanpage

Anda harus membuat fanpage terlebih dahulu sebagai media buat iklan Fb Ads. Buat fanspage anda semenarik mungkin baik dari headernya maupun deskripsinya.

  • Iklan PPE

Anda bisa menggunakan iklan PPE untuk mendapatkan like, comment & share terlebih dahulu sebagai fanspage baru.

Pada iklan PPE ini anda juga bisa menggunakan fitur custom audience dan lookalike sebagai target market sesuai dengan produk yang anda iklankan.

  • Iklan CTW & WC

Bagi anda yang sudah mempunyai website toko online sebaiknya gunakan iklan CTW & WC, dimana calon marketnya yang sudah tertarik dengan produk anda sehingga melakukan klik website.

Kelebihan iklan tersebut bisa merekam data facebook calon customer dengan menanamkan Pixel, sehingga anda bisa menarget ulang calon customer yang diberikan oleh pixel tersebut.

 

Kombinasi Facebook Gratisan & Berbayar

Sebaiknya dari 2 versi diatas menggunakan yang mana? kalau menurut kami ada baiknya dikombinasikan karena jangkauan dan tingkat targetingnya berbeda.

Sebagai pemula sebaiknya gunakan versi gratisan dulu secara maksimal, setelah anda anggap profit dan menguntungkan tidak ada salahnya mencoba menggunakan versi berbayar.

Dengan begitu anda tahu kekurangan dan kelebihan dari masing-masing media jualan tersebut. Jika dirasa menggunakan Fb Ads tetap menguntungkan bahkan lebih besar justru sebaiknya diteruskan bahkan scale up.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online

Untuk menghindari boncos (Baca: Rugi) pada saat menggunakan Fb ads sebaiknya anda riset dulu produk apa yang laris dan lagi trend.

Cara risetnya anda bisa survei di marketplace dan gunakan google trend, kemudian lakukan iklan fb ads selama 3 hari untuk mendapatkan winning campaign dan mengetahui hasilnya. Jika hasilnya baik dan menguntungkan siapkan dana untuk menambah budget iklan.

Dari penjelasan diatas cara jualan laris di facebook ada 2 solusinya yaitu gunakan versi gratisan dan versi berbayar.