Menu Click to open Menus
Home » Teknik SEO » Cara Riset Keyword dengan Google Planner

Cara Riset Keyword dengan Google Planner

(83 Views) October 8, 2018 11:11 pm | Published by | No comment

Cara Riset Keyword dengan google planner

Bagi seorang internet marketer khususnya blogger, sebelum melakukan optimasi sebuah website / blog wajib mengetahui cara riset keyword dengan google planner secara benar sehingga kata kunci yang ditargetkan sudah maksimal sesuai dengan produk yang akan dijual.

Adapun tujuan dari riset keyword / kata kunci supaya mendapatkan data yang valid mengenai:

1. Volume pencarian per bulan,
2. Tingkat kesulitan persaingan keyword
3. Kesesuaian kata kunci yang ditargetkan

Dengan mengetahui data diatas anda bisa menganalisa teknik apa yang harus dilakukan sehingga kata kunci yang anda bidik tersebut bisa menghantarkan website anda muncul dihalaman 1 Google.

Baca Juga: Cara Kerja SEO yang Wajib Anda Ketahui

Disamping itu juga dengan mendapatkan minimal 3 data diatas, anda bisa mempertimbangkan apakah kata kunci yang dibidik tersebut layak dioptimasi apa tidak jika persaingannya terlalu sulit.

Atau anda juga bisa membidik kata kunci lainnya yang sejenis tapi persaingannya masih lebih mudah dan yakin bisa dioptimasi untuk tampil dihalaman satu.

 

Cara Riset Keyword dengan Google Planner Terbaru

Lalu bagaimana caranya meriset kata kunci menggunakan google planner, berikut ada beberapa langkah yang harus anda lakukan:

1. Registrasi

Google keyword planner merupakan tool gratis yang disediakan oleh Goolge kepada advertiser dalam melakukan riset kata kunci.

Anda bisa mendaftar lebih dulu disini https://tinyurl.com/n5bau6a kemudian silahkan klik > Start Now > Skip the Guided Setup > Isi Data > Save & ContinueCara Riset Keyword

2. Cara Riset Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah anda berhasil melakukan registrasi dan memiliki akun google keyword planner, sekarang anda sudah bisa menggunakannya. Ikuti langkahnya dalam melakukan riset seperti berikut :

  • Silahkan Login

Anda login terlebih dahulu menggunakan email yang sudah didaftarkan sebelumnya, kemudian: Klik Gambar > Logo Kunci Inggris > Klik Keyword Planner >  Klik Open previous Keyword Planner >  Klik search for new keyword using a phrase, website or category

Metode Riset Kata Kunci

Dalam kolom tersebut silahkan masukkan satu atau beberapa kata kunci yang ingin anda riset, digambar kami contohkan memasukkan 1 keyword “Kursus SEO

Kemudian lengkapi data targeting seperti digambar lalu klik Get Ideas

Metode Riset Kata Kunci menggunakan google keyword planner

  • Klik Download

Setelah anda klik get ideas maka akan tampil data seperti pada gambar, dimana anda informasi volume pencarian per bulan, jumlah kata kunci lain yang jumlahnya hingga ratusan.

Selanjutnya silahkan download data tersebut dan kemudian bisa anda olah menggunakan Microsoft excel seleksi semua kata kunci sesuai yang anda targetkan.

Metode Riset Kata Kunci menggunakan google keyword planner

3. Pilih Kata Kunci

Setalah anda download silahkan pilih bebarapa kata kunci penawaran dengan volume pencarian terbanyak yang anda bidik sesuai dengan produk / jasa yang anda jual.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Menggunakan SEO

Anda juga bisa memilih kata kunci lainnya yang rendah persaingannya untuk dibuat artikel post, dimana keywords tersebut masih ada hubungannya dengan tema website yang anda buat.

Dari penjelasan diatas kami berharap anda sudah bisa melakukan riset keyword sendiri dengan benar. Trik sederhana cara riset keyword dengan google planner dari kami dan kumpulkan kata kunci sebanyak mungkin lebih dulu hingga ribuan bila perlu lalu seleksi sesuai kebutuhan website pada bisnis anda.