Menu Click to open Menus
Home » Bisnis Online » Cara Mendapatkan Database Pelanggan Secara Online

Cara Mendapatkan Database Pelanggan Secara Online

(131 Views) October 2, 2018 1:27 am | Published by | No comment

Database Pelanggan

Dalam dunia bisnis / usaha sangat penting yang namanya database pelanggan, maka tidak heran jika diluar sana banyak sekali terjadi transaksi jual beli data konsumen dengan tujuan agar mudah dalam mendapatkan calon customer yang tertarget.

Bahkan anda bisa amati dengan marketplace yang ada di Indonesia berani memberikan subsidi ongkos kirim hingga milyaran hanya untuk mendapatkan database konsumen & supplier, dimana dengan data tersebut pihak markeplace bisa mengetahui minat dari market yang melakukan transaksi disitus mereka.

Baca Juga: Bisnis Online Yang Menghasilkan Banyak Uang

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan dan mengumpulkan database customer baik dengan cara organik maupun berbayar buat anda yang baru memulai bisnis online tanpa harus mengeluarkan dana yang besar seperti para markeplace tersebut yang dimana dana mereka milyaran bahkan triliunan.

 

Cara Mendapatkan Database Pelanggan

Disini saya akan menjelaskan cara mendapatkan database pelanggan secara online yang kemudian bisa anda olah menjadi target market yang sangat potensial untuk dijadikan customer anda. Apa saja caranya dan bagaimana mendapatkan data tersebut baik dengan cara gratisan maupun berbayar? baiklah simak penjelasan saya dibawah ini

1. Facebook Personal

Dari sekian ribu teman anda yang ada difacebook baik yang dikenal maupun tidak dikenal pasti dari antara mereka merupakan target market dari produk yang ingin anda tawarkan, difacebook ini anda bisa melakukan iklan tentang produk anda ketika ada yang tertarik pasti mereka akan menghubungi anda terlepas itu nanti jadi beli atau tidak, tapi dengan cara ini anda sudah bisa mendapatkan database pelanggan yang bisa dijadikan data untuk suatu saat dikelola lagi agar mereka bersedia membeli produk yang anda punya.

2. Group Facebook

Digroup ini anda bisa sesekali memposting produk yang ingin anda tawarkan kepada para member group dengan harapan ada yang tertarik dan menghubungi anda untuk menanyakan tentang produk yang diposting sehingga bisa terjadi penjualan atau minimal anda sudah mendapatkan data dari sekian banyak orang yang tertarik pada produk tersebut.

3. Facebook Ads

Pada facebook ads anda harus mengeluarkan sedikit dana untuk mengiklankan produk anda sehingga bisa menjangkau calon customer lebih luas lagi dan tertarget sesuai dengan spesifikasi yang akan ditargetkan berdasarkan jenis kelamin, lokasi, umur dan lain sebagainya.

Pasti setelah iklan berjalan akan ada yang menghubungi anda baik melalui Whatsapp, Inbox, Comment dan lain sebagainya yang kemudian dari antara mereka ada yang terjadi penjualan ataupun tidak, tapi setidaknya anda sudah mendapatkan database pelanggan yang masuk sekian banyak.

4. Instagram

Tidak jauh berbeda dengan facebook personal dimana di instagram anda bisa mengupload produk yang anda jual sehingga jika ada yang tertarik akan menghubungi anda dan membeli produk tersebut.

5. Email

Anda bisa mendapatkan database berupa email sebanyak mungkin dengan cara memberikan ebook gratisan yang dimana ketika mereka mau mendowload wajib mengisi email dan nama mereka.

6. Website & SEO

Melalui WEBSITE & SEO anda bisa mendapatkan data yang terecord ke No kontak yang anda cantumkan, sehingga mereka yang tertarik dengan produk yang anda cantumkan di website pasti akan menghubungi anda untuk membeli produk tersebut.

7. Group & Channel Telegram

Anda bisa berbagi ebook / kursus online gratisan yang kira-kira menarik minat mereka untuk join ke group atau channel telegram anda sehingga dengan demikian anda bisa mengumpulkan calon market dalam satu wadah.

8. Group WA

Sama halnya dengan telegram anda bisa menggukan jurus pamungkas berbagi ebook / ilmu gratisan yang membuat mereka join ke group WA yang sudah anda share.

 

Cara Mengelola Database Customer

Dari 8 cara diatas dalam mendapatkan database konsumen, anda bisa kelola sehingga dikemudian hari bisa terjadi penjualan, lalu bagaimana caranya agar mereka yang tadinya hanya tanya-tanya bisa jadi costomer anda bahkan repeat order.

Jika ditotal database yang masuk melalui 8 cara diatas mungkin bisa sampai ratusan bahkan ribuan orang yang tertarik dengan produk anda tapi tidak jadi beli pada saat itu dengan alasan yang berbeda-beda, untuk itu anda bisa mengumpulkan mereka dalam satu wadah dalam sebuah group baik WA atau telegram dengan cara memberikan diskon atau harga promo hingga batas waktu tertentu.

Baca Juga: 3 Bisnis yang Gampang dijalankan & Menguntungkan

Bisa dipastikan kemungkinan besar mereka tertarik lagi lebih besar dan segera join kegroup yang sudah anda siapkan dan membeli produk yang sudah ditawarkan sebelumnya dengan harga yang lebih murah tentunya.

Setidaknya dengan cara demikian anda sudah punya target market yang sudah ditampung dalam satu group sehingga dikemudian hari anda bisa melakukan penjualan produk yang berbeda tapi tetap satu niche. Oh ya pastikan dalam group tersebut anda juga memposting ilmu-ilmu yang bermanfaat buat mereka sehingga mereka tidak meninggalkan group anda secepatnya.

Demikian penjelasan dari saya mengenai cara mendapatkan dan mengelola database pelanggan sehingga mereka yang tadinya cuma bertanya-tanya bisa menjadi customer bahkan pelanggan setia anda.