Menu Click to open Menus
Home » Bisnis Import » Import Barang dari China ke Indonesia

Import Barang dari China ke Indonesia

(69 Views) April 9, 2022 9:45 pm | Published by | No comment

Import Barang dari China ke Indonesia

Saat ini import barang dari China ke Indonesia sudah mengalami kemajuan sangat pesat. Setiap importir bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa harus buat PT/ CV terlebih dahulu. Caranya cukup kerjasama dengan perusahaan yang bergerak dibidang jasa forwarder export-import. Dengan jasa forwarder tersebut kamu tinggal terima beres saja karena sudah dihandle oleh mereka semua.

Namun jika kamu ingin melakukannya semua sendiri tentu kamu harus punya badan usaha baik PT maupun CV serta melengkapi segala dokumen perijinan dari A-Z yang harus melibatkan beberapa instansi terkait. Ribet bukan? ya sangat ribet sekali, jalan pintasnya gunakan jasa forwarder jika ingin import dari china ke indonesia secara perorangan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Import Barang dari China?

Sebagai importir anda hanya tinggal terima beres dan barang sudah sampai rumah. Lalu alur kerja samanya seperti apa? pertama yang perlu kamu lakukan adalah order barangnya dulu dari supplier yang ada di alibaba.com, setelah itu baru hubungi mereka untuk melakukan proses selanjutnya agar barangnya segera dikirim ke indonesia.

Buat pemula biasanya nanti akan dijelaskan oleh mereka apa saja barang yang bisa diimport dan apa saja yang tidak bisa dimport serta biaya yang dikenakan berapa rupiah per kg/ cbm. Serta akan diberikan kode marking sebagai identitas kalau barang yang ada alamat kode tersebut itu artinya milik kamu.

 

Import Barang dari China ke Indonesia itu Mudah 

Setelah checkout selesai selanjutnya tinggal hubungi saja jasa forwardernya. Tinggal infokan apa nama barangnya serta jumlah dan kode markingnya, setelah itu mereka akan cek apakah barang tersebut sudah masuk gudang apa belum.

Jika sudah sampai di gudang china maka selanjutnya pihak forwarder tinggal kirim saja barangnya ke indonesia. Oh ya ada dua jalur pengiriman yaitu jalur udara dan laut. Jika ingin sedikit hemat kamu bisa gunakan jalur laut walaupun waktunya sampainya lebih lama dari yang jalur udara.

Kamu bisa pertimbangkan dulu mau pakai yang mana? jika barang yang diimport banyak hingga belasan kg keatas sebaiknya gunakan jalur laut, namun jika yang diimport cuma sekian kg saja bisa gunakan jalur udara.

 

Kapan Barang Dikirim kealamat Saya?

Ketika barang sudah sampai dan masuk gudang forwarder yang kamu gunakan dijakarta/ batam, maka pihak forwarder akan memberitahu kamu untuk selanjutnya segera dikirim kelamat rumahmu. Oh ya estimasi waktu pengiriman jalur udara 14 hari sedangkan jalur laut 30 hari waktu normal.

Nah sebelum dikirim kealamat rumah, kamu diminta untuk segera melunasi semuanya terlebih dahulu baik itu harga total barang + biaya ongkir + pajak dll.

Beres deh kamu tinggal tunggu saja barangnya sampai hitungan hari kalau alamat rumahmu diluar jawa. Jadi mudah bukan import barang dari china ke indonesia? ya betu sangat mudah sekali, karena semuanya cukup dilakukan secara online saja tanpa harus keluar rumah apalagi sampai datang ke china.