Menu Click to open Menus
Home » Teknik SEO » 5 Plugin SEO WordPress Terbaik

5 Plugin SEO WordPress Terbaik

(32 Views) November 8, 2018 11:15 am | Published by | No comment

Plugin SEO WordPress Terbaik

Banyak jenis CMS yang digunakan oleh para pelaku bisnis dalam membuat sebuah website salah satunya adalah wordpress, perlu diketahui agar website anda mudah dalam melakukan optimasi ke mesin pencarian google sebaiknya menggunakan plugin SEO wordpress terbaik.

Plugin tersebut berfungsi sebagai optimasi ON PAGE dari situs website itu sendiri, jadi bagaimanapun juga anda harus menggunakan plugin SEO tersebut jika ingin web anda bisa secara maksimal berada di halaman 1 mesin pencarian.

Baca Juga : Cara Menaikkan Traffic Website

 

Apa itu Plugin SEO WordPress?

Sebelum mengetahui apa saja, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Plugin SEO WordPress, Plugin SEO adalah program aplikasi tambahan yang terintegrasi dengan WordPress dengan tujuan untuk meningkatkan SEO.

Terdapat dua tipe pengguna plugin SEO, pertama adalah newbie yang ingin mempromosikan situsnya di mesin pencari, utamanya Google dan kedua yakni para profesional yang ingin mengetahui tentang informasi meta secara otomatis dari berbagai variabel.

 

5 Plugin SEO WordPress Terbaik

Tersedia banyak plugin SEO untuk WordPress dengan berbagai fitur dan untungnya mayoritas gratis namun sebagian ada yang berbayar, tapi menurut hemat kami plugin yang gratisan saja sudah cukup bagus dan membantu dalam mengoptimasi situ web anda.

Berikut adalah 5 plugin SEO WordPress untuk membantu menaikkan tingkat SEO pada website / blog anda:

1. Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang paling populer dan banyak digunakan di luaran sana oleh pemilik situs web. Hal ini dikarenakan Yoast sangat fleksibel dalam masalah konten, pemberian judul, meta deskripsi, dan saling berbagi informasi setiap harinya.

Dapat dikatakan, Yoast adalah beginner friendly. Namun pengguna profesional pun dapat mendapatkan banyak keuntungan jika mengaktifkan menu advanced dan bersedia membayar yang pro atau ads-on. Beberapa keuntungan dari Yoast yang bisa didapatkan diantaranya seperti lokal SEO, video SEO, rekomendasi link internal, dan masih banyak lagi.

2. All in One SEO Pack

Ibarat kejuaraan, All in One SEO adalah runner up alias juara kedua tepat setelah Yoast. Meskipun secara angka instalasi dapat dikatakan sebagai plugin SEO terbaik karena banyaknya nilai pengguna tapi dari segi popularitas, masih kalah dengan Yoast yang banyak mendapatkan ulasan.

Baca Juga : Cara Membuat Menu di WordPress

All in One SEO memiliki XML sitemap support, Easy Google Analytic, custom post, canonical URL, free WooCommerce, serta informasi meta secara otomatis dan/atau manual. Selain itu, semua menu fitur tidak difungsikan otomatis sebagai default, sehingga dapat memilih mana yang ingin digunakan sesuai dengan fokus yang diinginkan.

Jika menggunakan program pro akan mendapatkan advance support, taksonomi SEO, serta sebuah modul video SEO. Dengan berbagai kelengkapan fitur tersebut tentunya sangat pantas apabila All in One Seo Pack dimasukkan ke dalam daftar plugin SEO WordPress yang direkomendasikan setelah Yoast.

3. The SEO Framework

Tidak seterkenal dua plugin SEO sebelumnya, namun banyak yang memberikan review positif di forum WordPress.org. Oleh karena itu layaklah bila The SEO Framework ini dimasukkan daftar plugin SEO wordpress terbaik. Sayangnya bagi para pemula mungkin akan merasa sulit jika menggunakan program ini, terutama saat melihat menu transient cache setting.

Meskipun dinilai sulit untuk pemula, akan tetapi menurut berbagai ulasan, para pengelola situs yang sudah dalam tingkatan pro menyukainya. The SEO Framework menawarkan judul dan meta deskripsi, informasi sosial meta, informasi skema basis, setting untuk mencari bots search engine, serta bagaimana sitemap berfungsi.

Tidak hanya itu saja, ada alasan lain kenapa program ini menjadi yang paling diminati. Alasan lain yang membuat program ini semakin diminati tersebut adalah karena program ini memberikan akses gratis pada WooCommerce, bbPress, serta berbagai custom post berbayar yang lain.

4. SEO Squirly

SEO Squirly merupakan plugin SEO yang didesain khusus untuk para non amatir, sehingga jika website WordPress tidak memilikinya ahli SEO, ini adalah program plugin SEO WordPress yang tepat untuk digunakan. Program ini dapat membantu dalam menulis konten yang akan meningkatkan ranking website serta memiliki nilai readable yang tinggi.

Selain itu, plugin yang satu ini juga akan memberikan saran mengenai headline berdasarkan keyword yang digunakan serta memantau perkembangan website setiap pekannya. Plugin ini mendapatkan lebih dari 400 review dan dalam 2 jutaan penginstalan mendapatkan rating rata-rata 4,5 sampai 5.

5. Broken Link Checker

Plugin yang terakhir adalah Broken Link Checker. Plugin SEO yang satu ini memantau keseluruhan website dan akan langsung melapor jika mendapati adanya broken link. Banyak yang mengatakan bahwa program ini adalah yang harta berharga dari keseluruhan program plugin SEO WordPress.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Dofollow

Karena pengalaman broken link dapat menjadi pengalaman buruk terhadap pengunjung, yang dapat berpengaruh pada ranking SEO website. Sehingga dengan memasang broken link checker, admin dapat segera memperbaiki link tersebut tanpa mengubah isi postingan.

Pilih saja satu diantara kelima plugin di atas yang memiliki kelengkapan fitur paling mendekati dengan apa yang dibutuhkan. Asalkan dimanfaatkan secara optimal, memasang satu diantara 5 plugin SEO di atas sudah cukup untuk membantu meningkatkan SEO website.

Demikian adalah daftar 5 plugin SEO WordPress terbaik yang banyak digunakan dan mendapatkan ulasan. Satu hal yang patut diingat, bahwa website WordPress hanya membutuhkan satu plugin dan tidak perlu sampai memasang berbagai plugin SEO secara bersamaan.