Menu Click to open Menus
Home » Teknik SEO » 5 Teknik Dasar SEO Pada WordPress

5 Teknik Dasar SEO Pada WordPress

(133 Views) February 13, 2019 4:25 pm | Published by | No comment

Teknik Dasar SEO

Sebagai pemilik blog / website wajib memahami teknik dasar SEO (Search Engine Optimization) dimana bertujuan agar banyak visitor yang datang pada situs anda tersebut. Sehingga peluang untuk terjadinya konversi lebih besar tanpa harus mengeluarkan biaya ikan yang cukup mahal.

Baca Juga: Cara Daftar Website di Google Search

Dengan teknik SEO tersebut anda bisa menghemat biaya iklan hingga gratis dan pasti hasilnya juga sangat maksimal jika harus dibandingkan dengan iklan berbayar seperti:

  • Google Adwords
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads

Namun kelemahan dari teknik SEO tersebut lebih membutuhkan waktu yang relatif lama dibandingkan iklan berbayar, setidaknya membutuhkan waktu 2-3 bulan dalam mengoptimasinya agar blog/ website anda bisa mendatangkan banyak pengunjung/ visitor.

 

3 Teknik Dasar SEO On Page 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam mendatangkan traffik visitor pada situs anda, baik dengan cara gratisan maupun berbayar. Namun disini saya akan bahas 3 teknik dasar SEO saja dan jika dilakukan dengan benar maka hasilnya pasti akan maksimal.

1. Riset Kata Kunci

Pastikan anda sudah tahu betul niche apa yang akan digunakan pada blog anda, misalnya mau membuat blog tentang kesehatan, pendidikan, onlineshop, kecantikan dan lain sebagainya.

Setelah anda sudah tahu tujuan dari blog yang akan dibuat tersebut, langkah selanjutnya wajib lakukan riset keyword/ kata kunci baik menggunakan Google, Keyword Google Planner atau Ubersuggest.

Lalu kumpulkan kata kunci sebanyak mungkin yang satu topik dengan tema blog anda. Kemudian buatlah artikel menggunakan kata kunci tersebut dari yang tingkat persaingannya rendah sampai dengan kata kunci utama yang sudah ditargetkan untuk dioptimasi.

2. Artikel/ Konten

Sampai detik ini istilah Content Is King sepertinya masih menjadi faktor utama dalam teknik dasar SEO  jadi pastikan artikel yang anda publish pada blog harus original dan berkualitas.

Baca Juga: Cara Cek Peringkat Website di Google

Dalam SEO tidak ada yang instan semua butuh waktu dan proses, jadi usahakan untuk tidak melakukan copy paste atau spin artikel dari website orang lain karena ini selain merugikan orang lain justru akan merugikan website anda sendiri kedepannya.

3. Template Responsif & Page Speed A

Gunakan template responsif agar bisa menyesuaikan disemua gadget baik itu pada Komputer, Handphone atau Tablet sehingga memudahkan visitor ketika mengakses situs anda dengan gadget yang berbeda.

Selain template harus responsif perhatikan kecepatan dari template tersebut, kenapa ini penting sekali? karena ketika kecepatan dari template anda rendah maka pasti banyak visitor yang kemudian beralih keblog orang lain dan segera menutup blog anda.

Untuk mengetahui kecepatan dari template yang anda gunakan bisa menggunakan GTmatrix.com, usahakan mendapatkan nilai A.

 

2 Teknik Utama Dasar SEO Off Page

Selain SEO On Page tentunya ada teknik SEO Off Page dimana 2 teknik tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu: menaikkan visitor & masuk halaman 1 mesin pencarian google.

Pada SEO Off Page ada 2 cara yang biasa dilakukan oleh para blogger, simak penjelasannya dibawah ini:

1. Backlink

Apakah backlink sejauh ini masih penting dalam mengoptimasi sebuah website? jawabannya sangat penting. Namun yang dibutuhkan adalah backlink yang berkualitas bukan backlink hasil spam yang justru bisa berdampak buruk pada blog anda.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi? simak jawabannya pada artikel ini > 5 Jenis Backlink Berkualitas Tinggi

2. Link Building

Link Building merupakan tahap akhir yang biasa dilakukan oleh seorang blogger dalam mengoptimasi sebuah website agar bisa masuk halaman 1 google, ditahap ini butuh kesabaran & konsistensi yang ekstra.

Karena pada proses ini anda dituntut untuk membuat Tier 1 & Tier 2 yang lumayan memakan waktu, baik itu berupa blog dummy, PBN  atau artikel.

Nah dari penjelasan diatas mengenai teknik dasar SEO (Search Engine Optimization) baik On Page & Off Page seharusnya anda sudah tahu apa yang harus dilakukan pada blog tersebut. Kalaupun anda mengalami kesulitan bisa menggunakan jasa SEO diluar sana atau bisa mengikuti kursus SEO lebih dulu.